Recent in Sports

3/Sports/post-list

SUBANG MENDAPATKAN ANUGRAH SWASTI SABA SEBAGAI KABUPATEN/KOTA SEHAT

 

Kepala BP4D Kabupaten Subang H. Sumasna, ST, MUM yang mewakili Bupati Subang menghadiri sekaligus menerima penghargaan/kadedeuh kepada Kabupaten Subang sebagai Kabupaten Sehat yaitu anugrah tanda kehormatan Swasti Saba Wistara dalam Acara Pemberian Penghargaan/Kadedeuh kepada Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2018 di Aula Barat Gedung Sate. Rabu (11/04/2018).

Laporan Sekretaris Daerah selaku Ketua Tim Pembina Kab/Kota Sehat Prov. Jabar menyampaikan terima kasih telah hadir dalam acara Pemberian Penghargaan Gubernur kepada Kab/Kota yang telah mendapat Penghargaan Swasti Saba Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan bahwa pelaksanaan kab/kota sehat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 tahun sekali dan merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan kesehatan diseluruh Kab/Kota di Indonesia dengan tujuan mendorong pemerintah kab/kota dalam upaya meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dengan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) serta menciptakan lingkungan yang sehat ditengah-tengah masyarakat sehingga memungkinkan pertumbuhan Derajat kesehatan di masyarakat terus meningkat.

Dasar hukum pelksanaan KKS adalah peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan no 34 tahun 2005 tentang penyelenggaraan kab/kota sehat dan Keputusan Gubernur Jawa Barat no. 440.05/Kep. 1039-Yansos/2016 tentang Tim Pembina kab/kota Sehat Prov Jabar. Pada tahun 2017 yang diusulkan ke Kemenkes dari 23 kab/kota 20 yang lolos mendapat Swasti Saba. 

Baca Juga: PLT. BUPATI SUBANG APEL DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Dan pada kesempatan tersebut Sekda Jabar memginformasikan pada tahun 2017 mendapat penghargaan predikat Prov. Sehat tingkat nasional. Mudah-mudahan pada tahun 2019, 27 kab/kota yang ada di Jawa Barat dapat diusulkan untuk diverifikasi oleh tim KKS pusat dan tetap mendapatkan penghargaan serta menyandang prov sehat tingkat nasional secara terus menerus, untuk itu kepada kab/kota mari kita berupaya dan bekerja keras agar tetap mendapat penghargaan Swasti Saba.

Sebagai wujud penghargaan dan apresiasi pemerintah daerah provinsi Jawa Barat kepada tim pembina dan forum kab/kota sehat di Jawa Barat akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada forum kab/kota sehat dan piagam untuk 20 kab/kota di Jawa Barat.

Sambutan Gubernur Jabar yang diwakili Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesos atas nama Pemerintah Daerah Prov. Jabar mengucapkan selamat kepada kab/kota yang mendapatkan penghargaan/kadeudeuh dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilannya dalam meraih penghargaan Swasti Saba dalam rangka penyelenggaraan kab/kota sehat tahun 2017.

Sebagaimana kita ketahui kebijakan pembangunan kesehatan nasional salah satunya diarahkan untuk mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan yang semakin komplek dengan terjadinya Triple Burden yaitu masih tingginya penyakit infeksi, penyakit tidak menular dan penyakit yang sudah seharusnya teratasi untuk itu pemberdayaan dibidang kesehatan menjadi sangat penting.

Kunci dari penyelenggaraan kab/kota sehat tersebut yaitu terwujudnya pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kab/Kota. Penyelenggaraan kab/kota sehat lebih berorientasi pada proses yang berjalan terus menerus.

Dalam kesempatan tersebu hadir para Bupati dan Walikota   se-Jabar atau yang mewakili, Para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Prov Jabar dan Kab/Kota Se-Jawa Barat, Tim Pembina kab/Kota Sehat Tingkat Prov dan Kab/Kota se-Jawa Barat, Ketua Forum Kab/Kota Sehat se-Jawa Barat
SUBANG MENDAPATKAN ANUGRAH SWASTI SABA SEBAGAI KABUPATEN/KOTA SEHAT SUBANG MENDAPATKAN ANUGRAH SWASTI SABA SEBAGAI KABUPATEN/KOTA SEHAT Reviewed by Berita Indramayu on November 04, 2020 Rating: 5

Pariwisata

4/Pariwisata/grid-big
Powered by Blogger.